Selasa, 10 Januari 2017

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Angger Putri Tanjung (17) siswi kelas 11 IPA SMA 1 Rembang berhasil meraih medali emas dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang digelar di Medan, 16-22 Juni lalu. Ia mengalahkan 33 peserta dari seluruh Indonesia di kategori lomba poster.
Menurut Angger, dalam lomba itu, panitia mengangkat tema besar Perilaku Kontraproduktif Remaja dengan Perkembangan Bangsa. Adapun tema khusus putri yaitu Perilaku Konsumtif. Dari tema yang ditentukan itu, ia menggambar poster berupa sepasang wayang yang gemar belanja. Wayang itu menjinjing aneka tas belanjaan.
"Atas inisiatif saya dan guru pembimbing, pak Susiawan Haryano, guru seni rupa, saya mengangkat wayang beber ke poster. Wayang digunakan sebagai identitas bangsa Indonesia. Tetapi identitas itu terkontaminasi dengan perilaku konsumtif masyarakat terutama remaja," katanya, kemarin.
Selain itu, penggunaan wayang, lanjutnya, juga sebagai pengingat identitas budaya nusantara yang saat ini banyak dilupakan oleh pemuda. Inilah yang membuat beda dengan karya-karya peserta lain.
Selain itu, teknik yang digunakan gadis kelahiran Purbalingga 28 September 1995 itu adalah memadukan teknik manua dan digital. Awalnya, ia menggambar secara manual. Gambar itu lalu ia edit menggunakan program Corel Draw dan Adobe Photoshop. Ini juga yang menjadi nilai lebih dibanding peserta lain yang hanya mengandalkan foto editing digital saja.

"Untuk membuat poster jadi, saya menghabiskan waktu delapan jam. Setelah jadi, gambar di cetak," kata anak kedua pasangan Erizon dan Lidia Nining Purwanti yang tinggal di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang ini.
Atas prestasi itu, ia akan kembali bertarung dengan juara lomba yang sama di kategori putra. Nantinya, salah satu yang terbaik akan mewakili Indonesia dalam ajang lomba desain grafis di Jepang tahun mendatang

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/06/27/162360

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca