Rabu, 15 Februari 2017

PURBALINGGA – Bertepatan dengan Hari Buku Nasional, Perpustakaan Serambi Ilmu SMA 1 Rembang dikunjungi Tim Penilai Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Selasa (17/5). Kunjungan itu merupakan tahap lanjutan, setelah pada seleksi awal, perpustakaan sekolah di Desa Bantarbarang ini dinyatakan masuk peringkat enam besar tingkat provinsi.
Kasubbid Pengembangan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jateng Adib Suharto yang memimpin tim penilai mengungkapkan, tujuan kunjungan untuk memastikan kesesuaian antara borang yang diisi pihak sekolah dan kondisi riil. ’’Setelah ditinjau langsung, tim mendapati semua data yang diisikan oleh sekolah merupakan kondisi riil. Tidak diadaadakan,’’ jelasnya.
Adib bahkan menemukan, ada sejumlah item fasilitas yang tidak dimasukkan borang. Di antaranya fasilitas globe, buku rujukan, buku-buku bermuatan lokal, dan perpustakaan kelas. Anggota tim penilai selain Adib di antaranya Nugroho Sismartanto dan Agus Priyanto.
Sudah Memadai
Menurut anggota tim penilai, Nugroho Sismartanto, luas bangunan perpustakaan 354 meter persegi sudah memadai. Nugroho yang juga pustakawan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ini menilai, koleksi yang mencapai 18.679 eksemplar dari 2.987 judul sudah memadai. Kepala Sekolah Purwito menyatakan, jam buka perpustakaan pada pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.
Untuk memudahkan pengunjung, dibuat layanan otomatis. Di antaranya pelayanan peminjaman, katalog digital, dan pemindaian kartu anggota sebagai tanda kunjungan. Perpustakaan yang dipimpin M Aminudin ini kerap berinovasi untuk mendongkrak jumlah pengunjung. Di antaranya mengadakan lomba dubsmash dan story telling. Pihak perpustakaan juga memberikan reward kepada pengunjung tersering dan peminjam terbanyak tiap tahunnya.
Dari 600 siswa, rata-rata kunjungan 140-an orang per hari. ’’Pada event tertentu seperti Hari Buku Nasional, kami memberikan door prize bagi pengunjung perpustakaan dengan cara diundi. Ini merupakan upaya untuk menggalakkan budaya baca di kalangan sivitas,’’ jelas Purwito.
Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga Sidik Purwanto berharap SMA 1 Rembang yang letaknya jauh dari pusat kota bisa menyabet juara pertama. Juga mewakili Jawa Tengah pada lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional. Kepala Sekolah Purwito berharap bisa menyabet juara. Karena tujuan mengikuti lomba tentu menjadi juara.
’’Namun predikat juara bukanlah hal yang utama. Yang terpenting, sebagai momen untuk meningkatkan minat baca warga sekolah serta pelayanan pustakawan,” tegasnya. Salah satu guru Puji R Pratiwi menyatakan, keberadaan perpustakaan sekolah sangat menunjang kegiatan pembelajaran. Terutama mapel Matematika yang diampunya.
’’Aspek pembelajaran Matematika sebenarnya sangat luas. Tetapi yang diajarkan di kelas terbatas. Dengan membaca di perpustakaan, pengetahuan siswa menjadi lebih berkembang,” jelasnya. (mn-55)
Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/perpustakaan-sma1-rembang-dinilai-provinsi/

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca